BANDUNG, DISKOMINFO – Kabupaten Belitung kembali menerima penghargaan tingkat Nasional pada kompetisi tahunan Public Relations Indonesia Awards (PRIA) tahun 2019, setelah resmi diumumkan sebagai Pemenang Utama kategori Kabupaten terpopuler di Media.
Penghargaan ini diberikan pada puncak acara bertema “Creative Storytelling di Era Keterbukaan Informasi Publik” oleh Founder dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan kepada Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belitung, Moh Iqbal yang pada kesempatan ini hadir mewakili Bupati Belitung di Grand Ballroom Hotel Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (29/3/2019).
Selain disaksikan oleh lebih dari 600 insan PR lintas sektor seluruh Indonesia, hadir pula Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku tuan rumah yang ikut memberikan paparan tentang pentingnya fungsi kehumasan dalam penyelenggaraan pemerintahan di era keterbukaan informasi sekarang ini.
Sebelumnya, Kabupaten Belitung juga diganjar penghargaan serupa pada tahun 2016, 2017 dan 2018 sebagai Pemenang Utama kategori Kabupaten dengan jumlah ekspos terbanyak di media nasional. Istimewanya lagi, Belitung merupakan satu-satunya Kabupaten yang menjadi juara bertahan selama empat tahun berturut-turut.
Public Relations Indonesia Awards (PRIA) adalah apresiasi yang diberikan oleh PR INDONESIA yang untuk mengukur kinerja dan kredibilitas insan PR selama setahun. Proses penjurian berlangsung sepanjang awal Februari hingga pertengahan Maret 2019, melibatkan 13 juri, dan diikuti oleh 476 entri. Mereka berkompetisi untuk memperebutkan kursi terbaik di sepuluh kategori yang dipertandingkan. Kategori yang dimaksud mencakup Owned Media, Kanal Digital, Program PR, Program CSR, Penanganan Krisis, Manual (pedoman) Tata Kelola Kehumasan, Brand Visual Identity, Departemen PR, Laporan Tahunan, hingga Terpopuler di Media.
Khusus kategori Terpopuler di Media, PR INDONESIA bekerja sama dengan PT ISENTIA, melakukan monitoring pemberitaan ratusan korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah di 20 koran nasional, 40 koran daerah dan 110 majalah mainstream di Indonesia. Penghimpunan data dilakukan sepanjang 1 Januari – 31 Desember 2018 untuk mencari korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah terpopuler.
Dengan ketatnya proses monitoring dan penjurian dapat disimpulkan bahwa kesuksesan yang berhasil di peroleh Kabupaten Belitung selama empat tahun berturut-turut pada kompetisi ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan.
Hal ini sekaligus membuktikan bahwa kinerja insan PR Kabupaten Belitung bersama para awak media, pelaku pariwisata dan masyarakat Belitung secara keseluruhan telah memberikan dampak yang luar biasa baik bagi peningkatan citra positif daerah ini. Kedepan, prestasi yang sudah baik ini harus terus ditingkatkan guna mewujudkan harapan kita bersama menjadikan Kabupaten Belitung sebagai daerah destinasi wisata internasional. (v)