Kemendag Targetkan 5000 UMKM Babel On Boarding di Platform Digital

SIJUK, DISKOMINFO – Kementerian Perdagangan targetkan 5000 UMKM Bangka Belitung sudah masuk ke platform digital pada tahun 2022. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi saat memberi sambutan secara virtual pada launching Gernas BBI Bangka Belitung tahun 2022 di Tanjung Kelayang, jumat (20/05/2022).

“Target Gernas BBI di Bangka Belitung pada tahun 2022 adalah menghasilkan 5000 UMKM Bangka Belitung on boarding di platform digital,” kata Menteri Lutfi.

Lanjut Menteri Lutfi menyebutkan bahwa pada periode februari – april 2022 sebanyak 3210 UMKM Bangka Belitung telah On boarding ke platform digital. Upaya ini dilakukan pihak Kemendag dengan menggandeng sejumlah pihak seperti bank Indonesia, pihak swasta, dan Pemerintah Daerah.

Menteri Lutfi juga menyebut memiliki peran yang sangat besar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Dari data Kemendag lebih kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai lebih dari 60%.

“UMKM adalah salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia. Di tahun 2021 sebanyak 64,19 juta UMKM di Indonesia memberikan kontribusi terhadap product domestic bruto sebesar 61,97% atau senilai 8,6 triliun rupiah,” ungkap Menteri Lutfi.

Tidak hanya itu, dirinya juga menyebut UMKM menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang sangat besar. Tercatat 119,6 juta orang atau 97% persen dari total tenaga kerja di Indonesia diserap oleh UMKM.

Disisi ekspor, lebih dari 74% eksportir merupakan UMKM. Namun kontribusinya baru mencapai 4% dari total nilai ekspor Indonesia. Oleh karena itu pada Gernas BBI dan BWI di Kepulauan Bangka Belitung Kemendag terus mendorong peran dan daya saing UMKM.

Pada kuartal pertama 2022 total ekspor Provinsi Bangka Belitung mencapai 680,92 juta dolar Amerika. Artinya jumlah ekspor Bangka Belitung tumbuh 66,2% dari tahun sebelumnya. Jumlah ini menempatkan Bangka Belitung di peringkat 20 dari 32 provinsi.

Menteri Lutfi juga berharap melalui perhelatan G20, promosi wisata, dan produk UMKM Bangka Belitung dapat turut meningkatkan kinerja perdagangan UMKM. (Narasi : Arlan / Redaktur : Verry)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 1 =