Dukung Branding Lada Belitung, Bupati, Wabup, Sekda Hadiri Peresmian Biliton Story

TANJUNGPANDAN, DISKOMINFO – Guna mendukung branding lada asal Belitung, Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah beserta segenap pimpinan OPD Pemkab Belitung hari ini menghadiri peluncuran Biliton Story, jumat (03/06/2022). Biliton Story ini merupakan galery yang tidak hanya menyajikan produk lada, dan makanan lainnya, namun juga menampilkan cerita dan sejarah lada di pulau Belitung.

Bupati Belitung, Sahani Saleh dalam sambutannya menyebut bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung senantiasa memberikan dukungan dalam perkembangan UMKM di Kabupaten Belitung. Tidak hanya itu pemerintah Belitung dalam beberapa tahun terakhir terus berupaya memberikan pembinaan bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan perluasan pasar.

“Tentu saja ini menunjukan satu kemajuan, yaitu upaya yang dilakukan pemerintah dalam membina masyarakat terutama untuk kelompok UMKM,”ujar Bupati Sahani.

Bagi Bupati Sahani penguatan branding bagi produk asal Belitung saat ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya membantu dalam membantu produk itu sendiri, juga menjadi penguat identitas Belitung sebagai bagian dari Unesco Global Geopark.

“Dan luar biasanya sudah sampai ke mancanegera, ini sudah menjadi branding yang dihasilkan untuk produk-produk yang ada di Belitung, khususnya untuk hubungannya dengan geopark belitung,” imbuh Bupati Sahani

Khusus dalam kaitannya dengan branding lada Belitung, Bupati menyebut bahwa sudah saatnya lada Belitung memiliki branding tersendiri. Selama ini lada Belitung selalu diidentikan sebagai bagian dari lada putih Muntok.

Pemilik Biliton Story, Vivi menyebut bahwa alasan utama dibalik pembuatan Biliton Story ini memiliki makna tersendiri. Peresmian Biliton Story sendiri menjadi penanda 7 tahun dirinya membangun brand Biliton Spice. Selain itu pembuatan Biliton Story ini juga menjadi pengingat perkembangan lada Belitung yang sudah ada sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.

Dalam kegiatan ini, Bupati dan Wakil Bupati sempat ditantang demo masak dengan berbumbu lada. Bupati memasak ayam lada hidang, sedang Wabup diminta memasak spaghetti. “Mun masak gangan mual aku pandai,” ujar Bupati dengan nada jenaka. (Narasi: Arlan/ Redaktur: Verry)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × three =