Launching Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan Daerah Belitung (SIMPAI Belitung)

TANJUNGPANDAN, DISKOMINFO – Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan Daerah Belitung (SIMPAI Belitung) di launching oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung yang diwakili oleh Asisten Adminitrasi Umum Dra. Ita Wahyuni, Kamis 09/06/2022 bertempat di Aula Badan Perencnaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung.

Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan Daerah Belitung merupakan inovasi Proyek Perubahan Rian Haryono, ST Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) BPSDM Kementerian Dalam Negeri.

SIMPAI Belitung dibangun oleh Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung dan dapat diakses pada simpai.belitung.go.id, Aplikasi SIMPAI Belitung saat ini memuat data Aspek Geografi dan Demografi, Aspek Kesejahteraan Masyarakat, Aspek Daya Saing Daerah, Aspek Pelayanan Umum dan Data Lainnya.

Aspek geografi kabupaten/kota memberikan gambaran mengenai karakteristik lokasi dan wilayah, dan potensi pengembangan wilayah. Sedangkan kondisi demografi, mencakup perubahan penduduk, komposisi dan populasi masyarakat secara keseluruhan atau kelompok dalam waktu tertentu pada kabupaten/kota.

Perubahan demografis merupakan salah satu tantangan utama pembangunan daerah apabila tidak dikelola dengan baik. Jumlah penduduk dan sumber daya manusia adalah salah satu modal pembangunan selain sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi. Penduduk yang berkualitas merupakan modal dasar yang sangat penting dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Penduduk merupakan titik sentral dalam pembangunan sebagai subyek dan obyek pembangunan.

Aspek Kesejahteraan masyarakat mencakup gambaran dan analisis terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat secara umum, yang terbagi secara spesifik dalam fokus kesejahteraan dan pemerataan ekonomi, kesejahteraan sosial serta seni budaya dan olahraga. Fokus kesejahteraan dan pemerataan ekonomi menggambarkan analisis kinerja terhadap indikator yang mempengaruhi kesejahteraan dan pemerataan ekonomi seperti pertumbuhan Produk domestik Regional Bruto, Pertumbuhan Ekonomi dan Laju Inflasi.

Aspek daya saing daerah dapat menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktifitas, nilai tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional demi kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan. Daya saing merupakan salah satu aspek tujuan penyelenggaraan otonomi daerah sesuai dengan potensi, kekhasan dan unggulan daerah. Daya saing (competitiveness) merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan pembangunan ekonomi yang berhubungan dengan tujuan pembangunan daerah dalam mencapai tingkat kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.

Aspek Pelayanan Umum: Pemerintah daerah berkewajiban terhadap pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, yang diterjemahkan dalam bentuk pelayanan umum/publik yang diberikan kepada masyarakat yang berorientasikan kepada kualitas pelayanan yang baik. Aspek pelayanan umum menjelaskan perkembangan kinerja yang dilakukan oleh pemerintah daerah, baik pada urusan wajib dan urusan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 3 =