300 Pemancing Ikuti Turnamen Belitung De Sintak, Perebutkan Hadiah Total 165 Juta

SIJUK, DISKOMINFO – 300 pemancing ikuti turnamen de sintak 2022. Sejumlah pemancing tersebut tergabung ke dalam 60 tim yang akan memperebutkan juara dengan melaut di perairan utara pulau Belitung mulai sabtu (11/06/2022) sore hingga minggu (12/06/2022) siang.

Kegiatan turnamen Belitong de sintak 2022 ini diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, dengan mengambil titik mulai dari Pantai Tanjung Kelayang. Menurut Kepala Dinas Perikanan, Firdaus Zamri turnamen ini sudah kali keenam dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung.

” Seperti yang kawan-kawan tahu ini sudah pelaksanaan ketujuh, ini sudah kita selenggarakan sejak tahun 2016, sampai sekarang tahun 2022,” ungkap Firdaus Zamri.

Firdaus juga menyebutkan turnamen ini dibagi kedalam 2 kategori, baik itu sport fishing dan tradisional fishing. Peserta sendiri tidak hanya berasal dari lokal, namun juga daerah lain seperti Jakarta, Bekasi, Palembang, dan daerah lainnya. Dengan mengundang banyak pemancing dari luar, Firdaus meyakini bahwa kegiatan ini dapat membantu perkembangan pariwisata di Belitung.

“Tentunya ini untuk menunjang pariwisata, arah kita pasti ke sana tentunya,” imbuh Firdaus.

Bupati Belitung, Sahani Saleh pada kesempatan kali ini juga ikut serta menjadi peserta pada turnamen kali ini. Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi sarana promosi potensi kekayaan alam laut di Kabupaten Belitung. Dirinya juga berharap kegiatan ini menjadi sarana edukasi bagi pemancing untuk dapat mencari ikan secara lebih arif.

“Kita berharap penanganan atau pemanfaatan kekayaan laut ini tidak menggunakan alat-alat tangkap yang tidak ramah lingkungan dan merusak lingkungan,” ungkap Bupati Sahani.

Untuk meningkatkan semangat peserta, pihak panitia sudah menyiapkan hadiah dengan total 165 juta rupiah. Hadiah tersebut terbagi kedalam kategori lomba seperti juara umum, juara kategori ikan, dan hadiah jackpot. Untuk kategori ikan yang diperlombakan sendiri yaitu ikan tenggiri, ikan kuwe, dan ikan kakap. Sedangkan hadiah jackpot akan diberikan pada peserta yang mampu membawa ikan tenggiri dengan berat minimal 6 kilogram, dan ikan kuwe dengan minimal berat 10 kilogram. (Narasi : Arlan/ Redaktur Verry)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × two =