Bupati Belitung Sebut Peran Penting Data Dalam Mendukung Pengambilan Kebijakan

TANJUNGPANDAN, DISKOMINFO – Bupati Belitung, Sahani Saleh buka Bimtek peningkatan kapasitas SDM pemerintah daerah dalam upaya peningkatan mutu statistik daerah. Kegiatan ini dilakukan di ruang B-Smart, Diskominfo Belitung, senin (20/06/2022).

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyebut dalam hal menyajikan data tidak terlepas dari bidang statistik. Kalaupun datanya tidak akurat akan memberikan dampak kepada pengambilan keputusan yang kurang tepat. Oleh karena itu dengan adanya bantuan teknologi informasi pengumpulan data statistik akan lebih cepat dan tepat.

“Siapa pun yang jadi Bupati harus mempertimbangkan data. Kalau datanya tidak akurat, kebijakannya juga berpotensi tidak akurat,” ujar Bupati Sahani

Bupati menyebutkan kapasitas statistik sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Prinsip data yang terintegrasi juga merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pemerintahan. Terintegrasinya data akan membantu proses sinkronisasi data antar instansi.

“Terutama dalam upaya kita menuju Belitung menjadi smart city, data yang ter update harus ada, dan harus mudah diakses siapa saja,” imbuh Bupati Sahani.

Bupati Sahani juga menyebutkan peran penting Diskominfo sebagai pusat data di Kabupaten Belitung. Namun arus data harus didukung oleh instansi yang terkait. Oleh karena itu dengan adanya pelatihan ini, Bupati berharap agar tiap-tiap OPD dapat berperan aktif dalam menyampaikan data.

Narasumber kegiatan ini diantaranya yaitu; Sri Hapsari, Statistisi Madya dari BPS Propinsi Bangka Belitang, Agus Fanani, Pranata Komputer dari BPS Belitung, serta Prof. Dedi Rosadi, Guru Besar Universitas Gadjah Mada yang juga putra kelahiran Belitung.

Narasi :Arlan/ Redaktur : Verry

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five − 4 =