Pasar Tanjungpandan

TANJUNGPANDAN, DISKOMINFO – Pasar adalah representasi dari geliat ekonomi masyarakat. Warga Tanjungpandan bahkan seluruh pulau Belitung tentu mengenal pasar Loodsen yang tergolong modern di masa. Tanjungpandan juga pernah mengalami masa dimana wabah penyakit menjadi penganggu produksi. Maka didatangkan dokter Raden Latief oleh dokter Jemensen hingga berdiri Chinese Hospital di Tanjungpandan. Utamanya ditujukan bagi penderita biri-biri yang diidap oleh kuli tambang Cina.

Aku masih ingat betul, betapa berisiknya suara-suara mereka dari dalam barak-barak yang letaknya tidak berapa jauh dan rumah kamik, tulis Herawati. Pada halaman lain, Herawati kecil menuliskan kondisi kota Tanjungpandan. Tahun 1920an, toko-toko sandang pangan boleh dikatakan tidak ada (di Tanjungpandan)

Tekstil kasar untuk keperluan rakyat yang kurang mampu dijual di salah satu sudut toko yang menjual ikan asin dan barang-barang kelontong yang inferieur. Tetapi sebulan sekali datang seorang India yang disebut die Bombayer oleh nyonya-nyonya disana.

Siapa Siti Latifah Diah Herawati? Simak cerita ‘Ngenangkan Suke’ sebagai pengantar perayaan Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke-184 (Fiet)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − four =