Desa Ibul dan Desa Sungai Samak Komitmen Jaga Kesehatan dengan Tidak BAB Sembarangan

BADAU, DISKOMINFO – Kecamatan Badau Gelar Kegiatan Deklarasi sebagai Desa yang Warganya Tidak Buang Air Besar Sembarangan Open Defecation Free (ODF) Desa Ibul dan Desa Sungai Samak, Kamis (13/10/2022) di Balai Pertemuan Kantor Desa Ibul Kecamatan Badau.

Dalam laporannya Kepala Desa Ibul, Dedi Hendri menyampaikan bahwa untuk tahun 2022 warga desa Ibul sudah 100% warganya tidak buang air besar sembarangan.

“Sebelumnya masih ada 18 (Kartu Keluarga) KK yang belum memiliki Jamban, namun pada Tahun 2022 ini Alhamdulillah semua warga sudah tidak Buang Air Besar Sembarangan” ujar Dedi.

Selain itu Dedi dalam acara Deklarasi ODF ini Dedi Berharap agar masyarakat desa Ibul mengubah minset tradisional ke modern dan juga berpesan kepada warga Desa Ibul agar selalu menjaga kebersihan dan selalu menjaga pola hidup sehat.

Senada dengan Kepala Desa Ibul, Kepala Desa Sungai Samak, Alex Saputra juga menyatakan bahwa warga Desa Sungai Samak warganya sudah tidak ada lagi yamg buang air besar sembarangan.

Menurutnya hal ini sudah melalui proses verifikasi dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Badau.

“Sebelumnya ada dari 94 KK yang belum mempunyai jamban ada sekitar 60 KK, namun pada Tahun 2022 ini semua warga sudah 100 % memiliki jamban dan tidak buang air besar sembarangan. Untuk dana berasal dari APBDes dan Donatur” Jelas Alex.

Alex juga menyatakan bahwa dengan adanya deklarasi ini menjadi kominten bersama warga Sungai Samak untuk lebih menjaga kesehatan baik untuk lingkungan maupun untuk diri sendiri.

Sementara itu Bupati Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Belitung, Marzuki, menyampaikan bahwa apa yang diraih pada hari ini, merupakan sebuah proses yang panjang. Karena merubah kesadaran dan perilaku Buang Air Besar Sembarangan bukanlah hal yang mudah.

“Saya mengapresiasi segenap pihak yang telah berpartisipasi menjadikan Desa Ibul dan Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Belitung”, kata Marzuki

Marzuki juga berharap program Stop Buang Air Besar Sembarangan ini bisa memacu kebiasaan masyarakat untuk mewujudkan kesadaran perilaku hidup bersih, sekaligus menjadi motivasi bagi desa lain di Kecamatan Badau untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demi terwujudnya Kabupaten Belitung sehat secara menyeluruh.

Turut hadir dalam acara ini Perwakilan Kepala Bappeda Kab. Belitung, Kepala DPPKBPMD Kab. Belitung, dan Dinkes, Camat Badau, Kapolsek Badau, Kepala Desa Se Kecamatan Badau dan Ketua BPD Sekecamatan Badau serta undangan lainnya. (Narasi: Marvi Redaktur:Verry Yudhistira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + two =