Sosialisasi Website Desa, Menggiatkan Digitalisasi Desa

TANJUNGPANDAN, DISKOMINFO – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung menggelar Sosialisasi Website Desa, pada Selasa, 18 Oktober 2022, bertempat di Kantor Diskominfo Belitung. Sosialisasi dibuka oleh Edy Suprapto,SH,MH, Sekretaris Dinas Kominfo. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya informasi mengenai kegiatan dan potensi desa untuk di publikasikan di website.Sosialisasi website desa diikuti oleh Perangkat Desa dari 22 Desa di Belitung. Tujuan dari Sosialisasi ini adalah untuk menggiatkan pengelolaan website Desa agar lebih aktif mengupdate informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Kabupaten Belitung sendiri telah mencanangkan program Desa Digital pada awal Tahun 2021 yang lalu, yaitu merupakan program implementasi Transformasi Digital di desa. Salah satu indikator Desa Digital adalah adanya website desa dengan domain desa.id yang merupakan domain resmi yang ditetapkan pemerintah untuk desa. Dinas Kominfo Kabupaten Belitung telah memfasilitasi nama domain dan aplikasi website desa, untuk memudahkan pihak desa mengelola website.Dalam Sosialisasi website desa, hadir sebagai Narasumber adalah Annyta, SP,MIL Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Anton Apriza, S.IP, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarkat Desa Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Muhammad Sapril, S.Sos, Sub Koordinator ITIP dan Virgia Andeariza, AMd. dari Dinas Komunikasi dan Informatika.

Anton Apriza memberikan pengarahan kepada perangkat desa bahwa website desa merupakan salah satu aplikasi dalam desa digital selain SISKEUDES, SISWASKEUDES, SIPMAS dan aplikasi-aplikasi lainnya. Pengelolaan website dapat dianggarkan dengan dasar Peraturan Bupati nomor 72 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2022.

Sementara Annyta mengemukakan pentingnya promosi wisata untuk ditampilkan dalam website, karena Belitung merupakan daerah destinasi wisata sesuai amanah Bupati Belitung untuk wisata desa yaitu “One Village one Destination”. Website merupakan saluran yang sangat penting karena dapat dijangkau dari seluruh dunia. Sehingga semua orang yang ingin tahu informasi penting tentang daerah tujuan wisata dapat mengakses website desa.

Muhammad Sapril menjelaskan teknik penulisan berita selain memastikan ketersediaan internet di wilayah desa masing-masing. Dinas Kominfo telah menyediakan hosting , nama domain dan aplikasi admin website, sedangkan untuk belanja internet harus disediakan oleh masing-masing desa. Juga untuk mengisi konten artikel dan berita, pengumuman dan sebagainya harus dari pengelola website desa.

Sedangkan Virgia Andeariza, Pengelola Sistem dan Jaringan Diskominfo, menjelaskan teknik pengisian data dan konten dalam aplikasi website desa.

Sehingga dapat dikatakan bahwa materi Sosialisasi Website Desa ini merupakan paket lengkap yang dapat dijadikan panduan bagi Pengelola Website Desa di Kabupaten Belitung, untuk dapat mengolah semua Informasi terutama Promosi Potensi Desa untuk dapat dipublikasikan di website desa.

Diharapkan melalui Pengelolaan Website Desa, Kabupaten Belitung benar-benar dapat mengembangkan Desa Digital sebagai sarana memajukan Desa Wisata.

-Erlina Setyowati-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − eleven =